Sponsors Link

Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata Benda dalam Bentuk Jamak

Sponsors Link

Dalam Bahasa Inggris, kata benda terbagi atas dua jenis yaitu kata benda tunggal (singular noun) dan kata benda jamak (plural noun). terdapat daftar singular dan plural noun yang dapat kamu pelajari agar lebih memahami apa perbedaannya.

ads

Namun, juga terdapat beberapa kata yang tergolong sebagai kata benda tidak beraturan (irregular noun) yang memiliki bentuk jamak tanpa ditambahkan akhiran “-s” atau “-es”, melainkan berubah bentuk. Dan tentunya terdapat perbedaan penambahan s dan es dalam bahasa inggris.

Selain itu, dalam Bahasa Inggris, kata benda berbentuk jamak turut memengaruhi kata kerja (verb) yang digunakan. Apabila kata bendanya berbentuk jamak, maka verb-nya juga harus disesuaikan, tergantung masing-masing tense. Namun, ada juga beberapa noun yang tidak memengaruhi verb-nya.

Untuk lebih mudah memahami, perhatikan Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata Benda dalam Bentuk Jamak berikut :

A. Bentuk jamak regular noun

B. Bentuk jamak regular noun dengan menambahkan akhiran “-s”

  • Table-Tables

They change the broken tables so we can study in a more proper way (mereka mengganti meja-meja yang rusak sehingga kami bias belajar dengan lebih baik)

  1. Regular noun dengan menambahkan akhiran “-es” (berlaku untuk noun yang berakhiran –s, -ss, sh, ch, x, atau z)
  • Box-Boxes

We threw away the blue boxes because they contained some useless documents (kami membuang kotak-kotak yang berwarna biru karena hanya berisi dokumen-dokumen tidak penting)

Pengecualian: terdapat beberapa kata yang berhufur akhir –s atau –z yang bentuk pluralnya adalah dengan menggandakan huruf akhir tersebut sebelum akhiran –es, contoh: gas-gases

  1. Regular noun yang memiliki huruf akhir “y” dan huruf sebelum “y” adalah huruf konsonan: huruf –y tersebut diganti menjadi -ies
  • Lady-Ladies

The committee pleased the theatre ladies to get on the stage (Panitia mempersilakan para wanita pemain teater untuk menaiki panggung)

  1. Regular noun yang memiliki huruf akhir “y” dan huruf sebelum “y” adalah huruf vocal: ditambah akhiran -s
  • Way-Ways

There are some ways to be a successful person, but the same thing is you need to put hardwork on your effort (Ada beberapa cara untuk menjadi orang sukses, namun satu hal yang sama adalah kau harus bekerjakeras dalam usahamu)

  1. Regular noun yang memiliki huruf akhir -f atau -fe: huruf –f dan –fe tersebut diganti menjadi -ves
  • Dwarf-Dwarves

We ever find a secret cave which the dwarves live there also secretly (Kami pernah menemukan goa rahasia yang di sana para orang-orang kerdil hidup secara rahasia)

  1. Regular noun yang berakhiran “us”
  • Cactus-Cacti

My mom replace the cacti with another plant that match with our garden soil (Ibuku mengganti kaktus-kaktus tersebut dengan tanaman lain yang cocok dengan tanah taman kami)

Sponsors Link

  1. Regular noun yang memiliki huruf akhir “o”: bentuk pluralnya dengan menambahkan -s
  • Video-Videos

My lecture is deleting the last year-dated videos because they have no use anymore and make his notebook lags frequently (Dosenku sedang menghapus video-video tahun lalu karena mereka sudah tak berguna lagi dan hanya membuat notebooknya sering melambat)

  1. Regular noun yang berakhiran “is”: dalam bentuk jamak berubah menjadi -es
  • Analysis-Analyses

Ardi presents his analyses on the case in front of the lecturer (Ardi menyampaikan analisis-analisisnya mengenai kasus tersebut di hadapan para dosen)

  1. Bentuk Jamak Irregular Noun

Dalam Irregular Noun, tidak ada aturan khusus mengenai perubahan dari singular noun ke plural noun. Contoh:

  1. Child-Children

The children are playing soccer at the field (Anak-anak tersebut bermain sepakbola di lapangan)

  1. Mouse-mice

We collect the white mice because they are demanded by some experiment (Kami mengumpulkan tikus-tikus putih karena mereka dibutuhkan dalam beberapa eksperimen)

Demikianlah contoh kalimat dalam bahasa Inggris yang menggunakan kata benda dalam bentuk jamak. Jangan lupa untuk mempelajari juga contoh kalimat jamak dalam bahasa inggris yang lainnya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Nouns