Sponsors Link

5 Contoh Analytical Sentence – Definisi – Struktur

Sponsors Link

Ada 13 jenis teks dalam Bahasa Inggris atau paragraf dalam Bahasa Inggris. Jenis paragraf tersebut antara lain narrative text dalam Bahasa Inggris, report text, discussion text, explanation text, contoh recount text dalam Bahasa Inggris, analytical text, dan procedure text. Dan artikel ini kita akan membahas sedikit tentang contoh analytical sentences dalam Bahasa Inggris atau lebih tepatnya analytical text.

ads

Pengertian dan Tujuan Analytical Sentence

Analytical sentence adalah kalimat atau tulisan yang yang memaparkan pendapat penulis tentang sesuatu yang terjadi disekitarnya. Tulisan tersebut dapat dibuat lengkap dengan penjelasannya / exposition dan alasan / argumentative. dalam Bahasa Indonesia kalimat ini lebih mendekati pada paragraf eksposisi dan argumentasi.

Tujuan dibuatnya analytical sentence adalah meyakinkan dan mempengaruhi pembaca tentang pendapat penulis yang disertai dengan pendapat-pendapat dan alasan yang tepat.

Ciri Analytical Sentences

Analyitical sentences umumnya dalam bentuk text atau paragraph. Paragraf tersebut tidak perlu terlalu panjang, yang penting maksudnya tersampaikan. Ciri-ciri struktur atau pola kalimat dalam analytical sentences adalah :

  1. Kalimat menggunakan rumus simple present tense
  2. Menggunakan kata atau kalimat relational process, seperti kata sambung because, conditional sentences, dan sebagainya. Ini berkatan dengan tujuan dibuatnya analytical sentence.
  3. Menggunakan internal conjuction atau kata hubung di dalam kalimatnya
  4. Menggunakan casual conjunction atau kalimat penghubung yang menyatakan sebab akibat
  5. Menggunakan action verbs atau kata kerja aktif

Struktur Analytical Sentence

Penulisan analytical sentence kurang digabungkan dalam satu paragraf tidak harus dalam banyak kalimat. Untuk pemula dapat dibuat dalam beberapa kalimat pendek yang penting memenuhi semua unsur strukur analytical sentence. Struktur terdiri dari :

  • Thesis Statement 
    Thesis adalah tulisan yang menyatakan tentang topic yang akan dibahas. Jika tulisan adalah satu paragraf, maka thesis biasanya kalimat pertama atau kalimat utama. Sedangkan kalau tulisan terdiri dari beberapa paragraf, maka thesis umumnya terletak di paragraph pertama.
  • Argument
    Argumen adalah kalimat yang menjelaskan pendapat-pendapat atau alasan-alasan yang medukkung kalimat atau paragraph pertama. Ini dilakukan agar pembaca meyakini apa yang kita tulis.
  • Reiteration
    Reiteration secara lebih sederhana dapat berupa kesimpulan dari keseluruhan tulisan. Terkadang jika tulisan hanya tediri dari satu paragraph, maka reiteration tidak dituliskan secara jelas.

Contoh Analytical Sentence

Inilah contoh analytical sentence berikut dengan terjemahannya:

The Importance of Book

The book is important for our live. In the book we can know everything about the world. And the book is one’s immortal work. Everyone can read it and get knowledge from book.

Terjemahan : Pentingnnya Buku
Buku adalah sesuatu yang penting dalam hidup kita. Dalam buku kita dapat mengetahui segala sesuatu yang ada di dunia. Dan buku adalah karya abadi seseorang. Setiap orang dapat membaca dan memperoleh pengetahuan dari buku.

Sponsors Link

Bicyles Should Be Ride In The City

Bicycles should be ride in the city. As we all know, bicycles no creates pollution and more save than cars.
Fristly, cars, as we all know, contribute to most of pollution together with industries in the world. Cars and industries emit gas that cause many illnesses. And byclcle don’t produce emit gas. With byclcle, the human body will be health.
Secondly, the city is very busy. If you ride a car an the another too, happen many acciden. And the bicycle are not noisy. In conclusion, bicycles should be ride in the city.

Terjemahan : Sepeda Harus Menjadi Kendaraan di Kota

Sepeda harus menjadi kendaraan di kota. Seperti kita ketahi, sepesa tidak menghasilkan polusi dan lebih aman daripada mobil.
Pertama, mobil, seperti telah diketahui, berkontribusi terbesar bersama dengan pabrik atau industry di dunia menghasilkan gas buangan yang menyebabkan berbagai penyakit. Dan sepeda tidak menghasilkan gas buangan tersebut. Dengan sepeda, tubuh manusia kana menjadi lebih sehat.
kedua, kota sangat sibut. Jika kamu mengendarai mobil dan orang lain juga, banayk kecelakaan terjadi. Dan sepeda tidak berisik. Kesimpulannya, sepeda harus menjadi kendaraan di kota

Demikian uraian singkat tentang contoh analytical sentences sentences. Analytical sentence dalam bentuk paragraf umumnya akan disertai dengan contohi Bahasa Inggris dalam angka seperti firstly, second, dan seterusnya. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing