Sponsors Link

4 Cara Mengajar Speaking Asking and Giving Opinion

Sponsors Link

Hallo.. pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Cara Mengajar Speaking Asking and Giving Opinion. Ketika kita sedang berkumpul dengan keluarga, teman, dan kerabat lainnya banyak hal yang sering kita bicarakan salah satunya adalah menanyakan sebuah pendapat, tentang suatu berita, tentang hal-hal lain, atau sekedar menanyakan pendapat mengenai barang yang baru kita beli, kepunyaan orang lain atau menanyakan sesuatu hal yang lain.

ads

Jika kita berbicara satu sama lain dengan menggunakan bahasa Indonesia mungkin sudah terbiasa, akan tetapi bagaimana jika kita ingin menanyakan ataupun memberikan pendapat menggunakan bahasa inggris? Dalam cara itulah yang dinamakan Asking and Giving Opinion.

Asking (Menanyakan), Giving (Menjawab), Opinion (Pendapat/Opini). Asking and Giving Opinion adalah suatu ungkapan yang digunakan untuk menanyakan ataupun menjawab/merespon suatu pendapat.

Baca Juga: Contoh Kalimat Giving Opinion

Lalu bagaimana cara mengajarkan ke banyak orang untuk Speaking Asking and Giving Opinion:

  1. Diskusi

Diskusi adalah cara ampuh untuk melatih kamu lebih terbiasa menggunakan bahasa inggris, di dalam suatu diskusi pasti akan terbentuk obrolan menyilang yang akan menimbulkan adanya suatu opini. Kamu bisa membuat kelompok diskusi bersama dengan teman-temanmu untuk melatih Speaking Asking and Giving Opinion. Baca juga tentang Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Dengan Mudah

  1. Persentasi

Jika dalam suatu diskusi terlibat suatu kelompok yang berbaur untuk mengobrol, menyatakan pendapat dan memberikan opini, Jika dalam suatu persentasi kamu hanya perlu memberikan informasi dan menyatakan opini, jika opinimu tidak disetujui oleh rekan/temanmu, hal itu akan menimbulkan pemberian pendapat oleh temanmu/rekanmu karena pendapatnya berbeda denganmu.

  1. Brainstorming

Brainstorming (Tukar Pikiran) ini dapat diaplikasikan dengan cara menghubugkannya dengan issue misalnya, mengenai bullying dengan bantuan media video atau poster. Dengan hal tersebut memicu lawan bicara untuk memberikan Opinion (Pendapat).

  1. Membaca Buku

Degan membaca kamu dapat menjelaskan genre teks tersebut yang berisi opini-opini seorang penulis terhadap peristiwa yang diceritakan dalam buku, kamu juga bisa meminta lawan bicaramu untuk membaca teks buku itu per paragraph secara bersama-sama dan memahami isi teks tersebut. 

Sponsors Link

Berikut contoh untuk Asking Opinions:

What do you think of him?

(Apa pendapatmu tentang dia?)

Why do they behave like that?

(Kenapa mereka berperilaku seperti itu?)

Do you have any idea?

(Apakah kamu punya ide?)

What’s your opinion?

(Apa pendapatmu?)

What do you like?

(Apakah kamu suka?)

Do you have any recommendation for us?

(Apakah kamu punya rekomendasi untuk mereka?)

Hows your feeling?

(Bagaimana perasaanmu?)

Baca juga tentang Contoh Kalimat Error dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Expressing Opinions

In my opinion…

(Menurut pendapatku …)

I personally believe …

(Saya pribadi percaya …)

I personally feel …

(Saya pribadi merasa … )

I think I like it

(Aku piker aku menyukainya)

As far I know …)

(Sejauh yang aku tau …)

From my point of view …

( Dari sudut pandang saya …)

(Absolutely …)

(Benar-benar …)

Baca juga tentang Contoh Dialog Bahasa Inggris Expressing of Suggestion

Contoh Dialog Expressing Opinion.

Dwi        : What do you think of my lipstick?

Deva      : Well, I like it. So beautifull for you

Dwi        : Oh thanks, Do you try it?

Deva      : Of course, thank you.

Baiklah itulah pembahasan kali ini mengenai Cara Mengajar Speaking Asking and Giving Opinion. Sering-seringlah melatih speaking kamu mulai dari kegiatan sehari-hari kamu, agar kamu terbiasa. Semoga bermanfaat

Baca Juga: Contoh Kalimat Opini dan Fakta Dalam Bahasa Inggris

, , ,
Oleh :
Kategori : Speaking