Sponsors Link

4 Cara Membuat Energen dalam Bahasa Inggris – Teks Prosedur

Sponsors Link

Teks prosedur merupakan jenis teks dalam bahasa Inggris yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari selain contoh recount text dalam bahasa Inggrisnarrative text dalam bahasa Inggris, dan sebagainya. Contoh teks prosedur yang dapat ditemui ketika kita ingin membuat agar-agar.

ads

Pada bagian belakang bungkusnya ada instruksi cara membuat agar-agar tersebut. Contoh lain juga dapat dijumpai pada bungkus mi instan. Oleh sebab itu, akan dijelaskan contoh teks prosedur berupa cara membuat energen dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Teks prosedur atau dapat disebut dengan procedure text merupakan sebuah teks yang memberikan informasi kepada para pembaca tentang langkah-langkah atau cara untuk melakukan sesuatu dengan urut sehingga pembaca dapat meniru langkah-langkah tersebut. Teks ini umumnya berisi tips dan langkah-langkah dalam membuat suatu barang atau melakukan aktivitas. Teks prosedur (procedure text) juga dikenal dengan istilah directory (petunjuk).

Procedure text dan explanation text memiliki isi yang sama, tetapi tujuan kedua teks ini berbeda. Perbedaan jenis teks dalam bahasa Inggris tersebut ialah procedure text bertujuan untuk ‘menyuruh’ pembaca untuk mengikuti langkah-langkah, sedangkan explanation text bertujuan untuk menjelaskan kepada para pembaca. Tujuan teks prosedur untuk memberi petunjuk mengenai metode/cara melakukan sesuatu.

Ciri-ciri Teks Prosedur

  1. Tenses yang digunakan teks prosedur adalah simple present tense yang menggunakan kata kerja pertama (V1) dan juga to be is, am, are.
  2. Kalimat yang digunakan bernada perintah/menyuruh (imperative) yang menggunakan kata kerja inifinitive pada awal kalimat, misalnya turn off, put, don’t forget, dan lain-lain.
  3. Unsur kebahasaan atau language features yang digunakan seperti go, sit, mix, dan sebagainya.
  4. Penggunaan kata-kata dalam teks prosedur menunjukkan urutan kegiatan, misalnya first, second, then, next, finally, dan lain-lain.
  5. Menggunakan verb/kata kerja aktif.
  6. Menggunakan kata penghubung (conjunction) untuk mengurutkan kegiatan.
  7. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rinci waktu, tempat, dan cara yang akurat. 
    Sponsors Link

Generic Structure

Struktur umum dari teks prosedur antara lain sebagai berikut.

  • Goal/Aim
    Bagian tujuan berisi tujuan kegiatan atau apa yang akan dibuat dengan prosedur atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
  • Material/Equipment
    Bagian material berisi informasi tentang bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat suatu barang atau melakukan suatu kegiatan. Tidak semua procedure text terdapat bagian ini. Biasanya terdapat dalam resep masakan.
  • Steps/Methods
    Bagian langkah-langkah yang berisi cara membuat/melakukan atau proses pengerjaan yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian tersebut biasanya tidak dapat diubah urutannya. 
    Sponsors Link

Cara Membuat Energen dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Materi ini merupakan salah satu contoh teks prosedur dalam bahasa Inggris. Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan dengan menggunakan kosakata bahasa Inggris di bapur bisa sambil kulineran. Mari simak lebih lanjut bagaimana cara membuat energen dalam bahasa Inggris beserta artinya yang akan dijelaskan di bawah ini. Sebelum memulai, siapkanlah alat-alat dan bahan yang dibutuhkan.

How to Make Energen (Cara Membuat Energen)

Ingredients (Bahan-bahan)

  • A sachet of Energen (1 bungkus Energen rasa apa pun)
  • 150 ml of hot water (150 ml air panas)
  • Glass (1 buah gelas)
  • Spoon (1 buah sendok)

Step by Step (Langkah-langkah)

  1. First, pour one sachet of Energen into the glass. (Pertama, tuangkan Energen ke dalam sebuah gelas)
  2. Second, add warm water 150 ml. (Kedua, tambahkan 150 ml air hangat)
  3. Then, mix well (Lalu aduk hingga merata)
  4. Finally, Energen ready to be served. (Akhirnya Energen siap disajikan)

, ,