Sponsors Link

Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris yang Mudah Dipahami

Sponsors Link

Satu kegiatan yang sangat penting untuk diperhatikan ketika belajar bahasa Inggris adalah Speaking, atau berbicara. Seseorang yang mahir berbahasa Inggris pertama kali dilihat, jika Ia mampu dan berani mengatakan sesuatu dalam Bahasa Inggris, meskipun sangat sederhana.

Cara speaking sebenarnya cukup mudah dipelajari daripada Writing dalam Bahasa Inggris. Namun, kegiatan tersebut menjadi sulit jika orang-orang yang mempraktekkannya tidak pernah mencoba untuk berbicara dalam Bahasa Inggris. Tidak perlu menunggu ahli, Anda bisa mempelajarinya dengan beberapa tips sebagai berikut.

Inilah 5 Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Mudah Dipahami

Ketika hendak mempraktekkan kemampuan berbahasa Inggris secara nyata, misalnya dilakukan dengan orang asing. Maka Anda harus melafalkan setiap kata dalam suatu kalimat dengan benar agar mereka memahami maksud Anda.

Tetapi, Anda tidak perlu menghilangkan logat atau nada bicara yang khas, karena itu menjadi ciri setiap penduduk di suatu wilayah.

Selanjutnya, Anda juga harus memahami 5 cara belajar speaking Bahasa Inggris yang mudah dipahami berikut ini.

  1. Berani Angkat Suara

Hal pertama dan mendasar yang sangat penting untuk mempraktekkan adalah memiliki keberanian. Seorang yang mahir, namun tidak berani mengungkapkannya, maka kemampuannya akan menurun dibandingkan dengan seorang yang lebih berani.

Anda harus berani mengucapkan dengan lantang setiap materi speaking yang telah Anda pelajari. Bahkan Anda juga akan tahu banyak materi bahasa Inggris misalnya seperti  fungsi penggunaan -ed dalam bahasa Inggris.

  1. Praktekkan Skill Dasar Meski Belum Menguasai Grammar

Jangan menunggu hingga Anda benar-benar ahli untuk angkat bicara dengan Bahasa Inggris terutama  grammar bahasa Inggris. Setidaknya, pelajarilah hal yang sangat dasar untuk memulai belajar speaking. Selain itu, jangan takut dengan siapapun Anda akan berbicara dan mempraktekkannya.

  1. Latihan Berbicara dengan Teman

Saat Anda mendapatkan beberapa materi dasar tentang speaking English, sebaiknya segera praktekkan. Hal itu untuk melatih dan meningkatkan kemampuan, selain itu mencegah agar tidak melupakan materi speaking seperti rumus present continuous tense. Latihan bisa dilakukan dengan teman dekat, saudara atau orang tua di rumah.

Dengan latihan rutin dan terus menerus, lama-lama Anda akan terbiasa berbicara atau mengobrol dengan Bahasa Inggris. Anda bisa belajar materi pelajaran untuk lebih mahir lagi dalam berbahasa Inggris, selain melakukan speaking English.

  1. Pelajari Frasa dan Kalimat Sederhana

Saat Anda melatih speaking di tahap awal, sebaiknya gunakanlah beberapa kalimat atau frasa yang cukup sederhana. Atau yang biasa digunakan untuk obrolan sehari-hari maupun contoh kosa kata adverb. Misalnya, kalimat tanya, kalimat sapaan, kalimat untuk memuji, dan sebagainya.

Tentu Anda tidak asing dengan beberapa jenis kalimat yang seringkali muncul sehari-hari. Misalnya kalimat I Love You, yang berarti Aku Cinta Anda, atau How are You, untuk menanyakan kabar, dan sebagainya. Jika beberapa kalimat tersebut sering Anda praktekkan, maka Anda bisa mempelajari materi speaking selanjutnya dengan lebih mudah.

  1. Latih Bicara dengan Orang Asing

Praktek yang perlu dilakukan oleh semua orang yang ingin terbiasa dan mahir speaking dengan Bahasa Inggris, yakni berbicara dengan orang asing. Mereka bisa Anda anggap sebagai juri yang nantinya menilai praktek bicara dalam Bahasa Inggris. Meskipun Anda bisa melakukannya dengan teman di sekitar, akan lebih baik jika Anda mempraktekannya dengan orang asing.

Bayangkanlah beberapa kemampuan dasar bahasa inggris yang perlu Anda persiapkan jika suatu saat bertemu dengan orang asing, terutama saat berada di lokasi wisata. Persiapkan beberapa kalimat yang cukup sederhana, seperti cara menunjukkan arah jalan, dan sebagainya. Anda bisa melatih diri di depan cermin, kemudian mempraktekkannya saat bertemu dengan orang asing.

, ,
Oleh :
Kategori : Speaking