Sponsors Link

Rumus Tenses Bahasa Inggris dan Tips Menghafalkannya

Sponsors Link

Halo teman-teman kali ini kita akan membahas mengenai Rumus Tenses Bahasa Inggris dan Tips Menghafalkannya. Semoga artikel ini akan membantu teman-teman dalam menghafal tenses dalam bahasa inggris ya. Yuk kita mulai.

Tenses dalam bahasa inggris adalah dasarnya bahasa inggris. Terdapat 16 tenses yang harus kita pahami jika ingin mahir dalam bahasa inggris. Tenses yang 16 ini adalah kalimat dasar dalam bahasa inggris yang harus kita pahami. Nah agar dapat memahami dan menghafalkan ke-16 tenses ini, yuk kita bahas bersama.

Present Tenses

Present tenses memiliki 4 jenis kalimat atau tense yang juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan, yaitu :

  • Simple Present Tense adalah kalimat yang paling umum digunakan dalam bahasa inggris dengan rumus : S + VERB1. Contoh kalimatnya : Fajrina always work hard. ( Fajrina selalu bekerja keras )
  • Present Continuous Tense adalah kalimat yang digunakan untuk menerangkan kegiatan kita yang sedang berlangsung, dengan rumus  S + TOBE AM/IS/ARE + VERB- ING. Contoh kalimatnya seperti Hendro is playing soccer. ( Hendro sedang bermain bola)
  • Present Perfect Tense yaitu kalimat yang menunjukkan kegiatan yang sudah selesai, dengan rumus : S + TOBE HAS/HAVE + VERB3. Contoh kalimatnya yaitu Selena has done her project with DJ Khalid. ( Selena telah menyelesaikan proyeknya dengan dj khalid)
  • Present Perfect Continuous Tense yaitu kalimat yang menunjukkan kegiatan yang telah selesai dimasa lalu, atau menjelaskan kegiatan dari masa lalu dengan rumus : S + TOBE HAS/HAVE BEEN + VERB-ING. Contoh kalimatnya yaitu Jelena has been working as a model since 2011. ( Jelena telah bekerja sebagai model sejak 2011 )

Past Tenses

Dalam jenis kalimat past tenses, juga terdapat 4 kalimat turunan ini, yaitu :

  • Simple Past Tense yaitu kalimat yang digunakan untuk menunjukkan kejadia dimasa lalu, dengan rumus S + VERB 2 . Contoh kalimatnya yaitu She paid the bills last night. ( Dia yang membayar tagihan kemarin malam)
  • Past Continuous Tense yaitu kalimat yang digunakan untuk menunjukkan kejadian dimasa lalu yang terkait dengan dua kejadian dengan rumus : S + TOBE WAS/WERE + VERB-ING. Contoh kalimatnya yaitu He was talking too  much while I was hangover. ( Dia berbicara terlalu banyak saat aku sedang mabuk)
  • Past Perfect Tense yaitu kalimat yang menunjukkan fakta dimasa lalu, dengan rumus : S + TOBE HAD + VERB3. Contoh kalimatnya yaitu Lani had finished her study about a couple years ago. (Lani telah menamatkan studinya beberapa tahun yang lalu )
  • Past Perfect Continuous Tense yaitu kalimat yang digunakan untuk menjelaskan kejadian dimasa lalu, tapi berbeda rumusnya dengan past perfect tense. Rumus dari Past Perfect Continuous Tense ini yaitu : S + TOBE HAD BEEN +VERB-ING. Contoh kalimatnya yaitu We had been waiting for you 3 hours. ( Kami sudah menunggumu 3 jam) 

Future Tenses

Jenis future tenses juga memiliki 4 jenis kalimat yang masing-masing memiliki perbedaan dan ciri khasnya. Keempat jenis kalimat itu adalah :

  • Simple Future Tense yang memiliki rumus yaitu S + WILL HAVE + VERB 3. Contoh kalimatnya seperti She will have swum class on sunday morning. ( Dia akan mengikuti kelas renang di mingu pagi)
  • Future Continuous Tense yang memiliki rumus yaitu S + WILL HAVE BEEN + VERB-ING . Contoh kalimatnya seperti He will have been walking around. ( Dia telah selesai berkeliling)
  • Future Perfect Tense yang memiliki rumus yaitu S + WOULD + VERB1 . Contoh kalimatnya yaitu  I would do anything for you. ( Aku akan lakukan apa saja untukmu)
  • Future Perfect Continuous Tense yang memiliki rumus yaitu S + SHOULD/WOULD BE + VERB-ING. Contoh kalimatnya yaitu She would be singing her favourite song. ( Dia akan menyanyikan lagu favoritnya )

Kami telah selesai menjelaskan kepada teman-teman mengenai Rumus Tenses Bahasa Inggris dan Tip Menghafalkannya. Semoga Bermanfaat ya teman-teman. Berikut beberapa artike; terkait yang akan membantu teman-teman dalam mendalami pelajaran bahasa inggris.

, ,
Oleh :
Kategori : Tenses