Sponsors Link

Rumus Demonstrative Adjective dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang paling banyak digunakan di dalam pergaulan internasional sehingga ia menjadi bahasa internasional. Bahasa ini juga wajib dipelajari oleh setiap pelajar dari usia SD hingga SMA di Indonesia. namun, ada kalanya kita mengalami kesulitan di dalam mempelajarinya.

ads

Kesulitan yang dimaksud pun sangat beragam, mulai dari kesulitan untuk menghafalkan kosa kata (vocabulary), kesulitan untuk memahami grammar bahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai salah satu bagian dari grammar yaitu adjective atau kata sifat. Adjective merupakan jenis kata yang digunakan untuk menjelaskan sifat dari subjek, baik yang berupa noun (kata benda) atau pun pronoun (kata ganti).

Ada berbagai macam kata sifat dan salah satunya ialah demonstrative adjective. jenis adjective ini pada dasarnya ialah determiner, sehingga dapat dikatakan bahwa ia merupakan Special adjective. ia dapat digunakan untuk menjelaskan noun di dalam hal distance (jarak) dan number (jumlah).

Adapun contoh dari demonstrative adjective yaitu kata that, this, those, dan these. Terdapat rumus khusus di dalam penggunaan demonstrative adjective ini. Rumus tersebut harus dipenuhi agar demonstrative adjective yang digunakan dapat sesuai dengan kaidah tata bahasa Inggris yang berlaku. Berikut ini penulis sampaikan rumus demonstrative adjective dalam bahasa Inggris beserta dengan contoh penggunaannya dalam kalimat:

Demonstrative Adjective + Object

  • This snack is too much for us

(makanan ringan ini terlalu banyak untuk kami)

  • We found this map in the school library

(kami menemukan peta ini di perpustakaan sekolah)

  • That man is my flatmate

(laki-laki itu adalah teman satu apartemen saya)

  • I love that Mountain bike of your

(saya menyukai sepeda gunung milikmu itu)

  • These mystery books are our favorites

(buku-buku misteri ini adalah kesukaan kami) 

Sponsors Link

  • We used these shoes

(kami menggunakan sepatu-sepatu ini)

  • Those clothes are no longer fit to our bodies

(pakaian-pakaian itu tidak muat lagi di badan kita)

  • Did your mom cook those cookies?

(apakah ibumu memasak kue-kue kering itu?)

Ada kalanya kita kesulitan untuk membedakan di antara demonstrative adjective dan demonstrative pronoun karena parameter yang digunakan sama, yaitu jarak dan jumlah. Namun sesungguhnya keduanya berbeda. Perbedaan yang dimaksud ialah penggunaan keduanya yang berbeda dalam hal penempatan. Demonstrative adjective ditempatkan sebelum noun yang diterangkan karena ia berfungsi untuk menerangkannya.

Di sisi lain, demonstrativa pronoun memiliki fungsi untuk menggantikan noun, baik yang berbentuk tunggal (this dan that), maupun yang berbentuk jamak (these dan those). Pada kalimat, noun berbentuk tunggal diikuti dengan verb berbentuk tunggal pula. Berikut ini contoh perbedaannya:

  • This is too much (demonstrative pronoun)
  • This snack is too much (demonstrative adjective)

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi rumus demonstrative adjective clause dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Rumus Demonstrative Adjective dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti apa rumus demonstrative adjective dan bagaimana cara menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, ,