Sponsors Link

Perbedaan Undangan Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Sebagai manusia, kita tidak akan terlepas dari kehidupan bersama dengan manusia yang lainnya. Selain itu, kita juga tidak akan terlepas dari adat istiadat yang berlaku di tengah masyarakat. Termasuk ke dalam kategori adat istiadat adalah pesta-pesta pernikahan, pesta ulang tahun, atau pesta dan acara yang lainnya.

ads

Dalam mengadakan pesta dan acara tersebut, tentu diperlukan adanya penyelenggara dan para hadirin. Penyelenggara tentu orang yang memiliki kepentingan untuk menyelenggarakan acara atau pesta. Di sisi lain, hadirin akan datang jika terdapat undangan. Nah, undangan sendiri ada dua jenis.

Jenis undangan yang dimaksud ialah undangan formal dan informal atau undangan resmi dan undangan tidak resmi. Ada grammar bahasa Inggris tertentu yang harus dipenuhi oleh kedua jenis undangan ini. Undangan juga harus menggunakan vocabulary, tenses, dan berbagai parts of speech yang lainnya.

Dalam kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai beberapa perbedaan undangan formal dan informal dalam bahasa Inggris. penting bagi kita untuk mengetahui perbedaannya agar tidak salah dalam menyampaikan undangan kepada objek yang hendak dituju. nah, berikut ini beberapa perbedaan undangan formal dan informal dalam bahasa Inggris:

1. Pengertian yang Berbeda

Perbedaan paling mendasar dari undangan formal dan informal ialah adanya keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Undangan formal merupakan undangan yang diberikan kepada orang-orang terkait dalam rangka adanya acara resmi seperti upacara dinas dan lain sebagainya.

Di sisi lain, undangan informal merupakan undangan yang diberikan kepada orang-orang yang dikenal dan untuk acara yang bersifat keakraban.

2. Perbedaan Acara yang Diadakan

Perbedaan kedua di antara undangan formal dan undangan informal ialah adanya perbedaan jenis acara yang diadakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, acara yang menggunakan undangan formal ialah acara yang dilakukan oleh berbagai organisasi resmi dengan susunan acara yang telah ditentukan. Sementara itu, acara yang diadakan dengan undangan informal adalah acara-acara yang bersifat keakraban atau kekeluargaan.

Sponsors Link

3. Objek Penerima Undangan yang Berbeda

Perbedaan selanjutnya yaitu objek penerima undangan yang berbeda pula. Undangan formal biasa diberikan pada orang-orang yang biasanya memiliki jabatan atau kepentingan tertentu untuk diundang. Di sisi lain, undangan informal diberikan kepada orang-orang terdekat atau yang sudah akrab dengan orang yang memiliki acara.

4. Perbedaan Tata Bahasa yang Digunakan

Undangan formal dan informal juga memiliki perbedaan dalam hal tata bahasa yang digunakan. Undangan formal cenderung menggunakan bahasa baku yang bersifat resmi dan penuh penghormatan kepada orang yang diundang sedangkan undangan informal biasanya menggunakan bahasa yang lebih santai dan akrab yang menarik sehingga membuat penerimanya merasa tertarik untuk hadir di dalam acara yang hendak diadakan.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi  perbedaan undangan formal dan undangan informal dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Perbedaan Undangan Formal dan Informal dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami apa saja perbedaan undangan formal dan informal itu  dan bagaimana cara menggunakannya dalam undangan bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing