Sponsors Link

4 Perbedaan Fakta dan Opini dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Hello there our fellow readers! Apa kabar anda? Semoga selalu sehat ya. Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas materi mengenai kalimat bahasa Inggris cause dan effect beserta contohnya. Tentu setelah membaca materi tersebut pembaca semakin memahami apa itu cause dan effect serta contoh kalimatnya. Kali ini, kita akan memperkaya pengetahuan kita dalam bahasa Inggris dengan materi perbedaan fakta dan opini dalam bahasa Inggris.

ads

Penting untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya karena dalam menggunakan  bahasa Inggris kita tidak makna terlepas dari kedua hal tersebut. apa saja perbedaan di antara fakta dan opini dalam bahasa Inggris? berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Perbedaan Pengertian

Fakta atau fact dalam bahasa Inggris dapat kita pahami sebagai suatu pernyataan yang benar adanya. Apa-apa yang dinyatakan di dalamnya memiliki kebenaran umum dan dapat dibuktikan. Fakta berasal dari pandangan objektif sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Fakta biasanya diwujudkan sebagai kalimat faktual dalam bahasa Inggris.

Berkebalikan dengan fakta, opini dapat kita pahami sebagai kalimat atau pernyataan yang kebenaran dari pernyataan tersebut masih dipertanyakan adanya. Di sisi lain, opini biasanya berasal dari pandangan subjektif atau berdasarkan perasaan sehingga kurang bisa dipertanggungjawabkan.

2. Kosa Kata yang Digunakan Berbeda

Terdapat beberapa kosa kata atau vocabulary yang biasanya khas dimiliki oleh kalimat opini. Kosa kata yang dimaksud biasanya tergolong ke dalam salah satu parts of speech yaitu adjective atau kata sifat. Adjective yang sering muncul pada kalimat opini ialah very (sangat), too (sangat), beautiful (cantik), handsome (tampan), never (tidak pernah), ever (pernah), dan lain sebagainya.

Di sisi lain, kalimat fakta sangat jarang menggunakan kata-kata seperti yang disebutkan tadi. Jika menggunakan kata-kata tersebut, maka fakta memiliki kemungkinan untuk diragukan.

3. Perbedaan Penggunaan

Karena sifat yang dimiliki oleh kalimat fakta dan kalimat opini ini sangat berbeda, maka ia digunakan dalam kesempatan yang berbeda pula. Kalimat fakta cenderung digunakan dalam hal-hal yang berbau ilmiah seperti di dalam buku-buku pelajaran, skripsi, disertasi, dan karya ilmiah yang lainnya. Kalimat opini memiliki penggunaan yang lebih luas, ia dapat digunakan pada kesempatan apapun.

4. Contoh Kalimat

Berikut ini beberapa contoh kalimat fakta dan kalimat opini: 

Sponsors Link

  • Fakta:

he is 22 years old

(usianya 20 tahun)

Grasshoper is an insect

(belalang adalah seekor serangga)

  • Opini:

He is a handsome man

(dia adalah laki-laki yang tampan)

Your kitchen is so dirty

(dapurmu kotor sekali)

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi perbedaan fakta dan opini dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini. Semoga dengan membaca artikel mengenai

Perbedaan Fakta dan Opini dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami apa itu fakta dan opini serta dapat menyusun fakta dan opini dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, ,