Sponsors Link

Perbedaan Announcement dan Advertisement dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Ketika kita berbicara mengenai komunikasi, ada berbagai bentuk komunikasi yang mungkin dilakukan. Ada pula banyak media untuk melakukan komunikasi. Pada dasarnya, ada dua bentuk komunikasi, yaitu komunikasi tertulis dan tidak tertulis. Nah, di sisi lain, ada jenis-jenis komunikasi yang biasa kita temui pula dalam kehidupan sehari-hari.

ads

Sama halnya dengan bahasa Inggris, ada banyak jenis komunikasi yang dilakukan dengannya seperti memo, announcement, advertisement, dan lain sebagainya. Dalam kesempatan ini, penulis akan menjelaskan kepada pembaca mengenai dua jenis komunikasi, yaitu announcement dan advertisement, terutama mengenai perbedaan di antara keduanya. Namun, terlebih dahulu kita akan membahas pengertian announcement dan advertisement dalam bahasa Inggris.

Announcement dan advertisement merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa Inggris. nah, jika keduanya sama-sama salah satu jenis teks, lantas apa perbedaannya? Berikut ini penullis sampaikan beberapa perbedaan announcement dan advertisement dalam bahasa Inggris:

1. Perbedaan Pengertian

Perbedaan di antara announcement dan advertisement dalam bahasa Inggris yang pertama ialah perbedaan pengertian di antara keduanya. Jika kita artikan secara harfiah, maka kata announcement memiliki arti pengumuman sedangkan kata advertisement memiliki arti iklan.

Adapun arti lengkap dari announcement yaitu suatu teks yang berisikan pengumuman mengenai suatu hal atau pemberitahuan pada khalayak umum. Di sisi lain, arti lengkap dari advertisement adalah suatu teks yang berisikan suatu iklan produk atau acara tertentu, ia memiliki fungsi untuk mengajak konsumen membeli produk atau hadir dalam acara.

2. Informasi yang Dimuat Berbeda

Berdasarkan perbedaan pengertian di antara announcement dan advertisement, kita dapat menemukan bahwa informasi yang dimuat di dalam keduanya juga berbeda. Di dalam announcement, informasi yang dimuat adalah pemberitahuan mengenai suatu hal.

Di sisi lain, advertisement memuat informasi mengenai nilai jual dari produk atau hal-hal menarik dari acara yang hendak diadakan. Informasi ini pun dilengkapi dengan kalimat (sentence) yang bersifat persuasif atau ajakan.

3. Perbedaan Tingkat Perhatian dari Penerima Informasi

Perbedaan ketiga dari announcement dan advertisement ialah adanya perbedaan tingkat perhatian dari penerima atau target informasi. Isi dari pengumuman adalah hal yang terhitung penting bagi penerima sehingga mereka pun menaruh perhatian pada pengumuman.

Sebaliknya, tidak ada kewajiban bagi penerima informasi untuk mengetahui isi dari iklan sehingga perhatian yang diberikan pun berbeda dan bersifat sukarela.  

Sponsors Link

4. Kreativitas dalam Menyampaikan Informasi Berbeda

Perbedaan terakhir dari announcement dan advertisement adalah perbedaan dalam hal kreativitas ketika menyampaikan informasi. Announcement akan tetap diperhatikan sekalipun tidak menggunakan kreativitas yang lebih.

Di sisi lain, advertisement harus menggunakan grammar bahasa Inggris dan desain grafis yang menarik perhatian. Kosa kata atau vocabulary yang digunakan pun harus dipilih dengan hati-hati sehingga pembaca lebih tertarik.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi perbedaan announcement dan advertisement dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Perbedaan Announcement dan Advertisement dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami apa saja perbedaan announcemen dan advertisement itu  dan bagaimana cara menggunakannya dalam conversation bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula.

Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, ,
Oleh :
Kategori : Writing