Sponsors Link

Penggunaan Yet dalam Bahasa Inggris – Contoh dan Arti

Sponsors Link

Apakah teman-teman masih asing dengan kata ‘yet’? Kata ‘yet’ mungkin jarang digunakan dalam percakapan Bahasa Inggris sehari-hari. Namun saat sekolah, ada guru yang menanyakan apakah murid-muridnya apakah para murid telah mengerjakan PR, maka murid-murid tersebut akan menjawab ‘Not yet’, yang artinya ‘belum’. Teman-teman pernah mengalaminya tidak?

ads

Nah, kali ini kita akan mendalami tentang penggunaan yet dalam Bahasa Inggris. Penggunaan yet dalam Bahasa Inggris ini dapat digunakan dalam berbagai kalimat dengan berbagai arti. Ada tiga arti dari kata yet sendiri, yaitu ‘sudah’, ‘tapi’, dan ‘belum’. Arti yang berbeda dari kata ‘yet’ tersebut tergantung pada konteks penggunaan yet dalam Bahasa Inggris. Ada tiga konteks penggunaan yet dalam Bahasa Inggris yaitu:

  1. Penggunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk percakapan Bahasa Inggris sehari-hari.
  2. Penggunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk percakapan formal Bahasa Inggris.
  3. Penggunaan yet dalam Bahasa Inggris sebagai conjunction.

Hal yang perlu yang teman-teman ketahui, penggunaan yet dalam Bahasa Inggris hanya untuk present tense saja. Untuk lebih jelasnya, mari kita langsung belajar contoh penggunaan yet dalam Bahasa Inggris dalam kalimat per jenis konteksnya berikut ini.

1. Untuk Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari

Dalam penggunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, ‘yet’ memiliki arti ‘sudah’. Sebaliknya, jika bentuk ‘yet’ diikuti dengan ‘not’, maka artinya akan berubah menjadi ‘belum’. Ingat ya teman-teman, penggunaan yet untuk Bahasa Inggris untuk percakapan Bahasa Inggris sehari-hari harus diletakkan di akhir kalimat. Berikut ini contoh-contoh kalimat penggunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari.

  1. Do you ever visit Borobudur temple yet?

(Apakah kamu sudah pernah mengunjungi Candi Borobudur?)

  1. I have not finished my home work yet.

(Aku belum menyelesaikan PR-ku)

  1. She is not able to speak English yet.

(Dia belum bisa berbicara Bahasa Inggris)

2. Untuk Percakapan Formal Bahasa Inggris

Dalam konteks percakapan formal Bahasa Inggris, kata ‘yet’ memiliki arti ‘belum’, walaupun penggunaannya untuk kalimat positif. Nah, penggunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk konteks percakapan formal harus diikuti dengan kata ‘to’ menjadi ‘yet to’

Yang perlu teman-teman ingat, pengguunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk percakapan formal Bahasa Inggris harus diletakkan di tengah kalimat sebelum kata kerja, dan sebelum kata ‘yet ti’ harus ada  kata ‘has’ atau ‘have’. Yuk langsung kita simak contoh penggunaan yet dalam Bahasa Inggris ke dalam kalimat berikut ini:

  1. The president has yet to deliver the speech.

(Presiden belum menyampaikan pidato)

  1. We have yet to prepare for the ceremony.

(Kita belum menyiapkan untuk upacara)

  1. I have yet to complete my duty.

(Aku belum menyelesaikan tugasku)

Sponsors Link

3. Untuk Conjunction

Teman-teman pasti tahu apa itu conjuction bukan? Conjuction ada yang berupa  conjunction adverd, dan correlative conjunction Teman-teman juga sudah mengerti mengenai contoh-contoh penggunaan conjunction, bukan? ada contoh pengguaan conjuction ‘Not Only But Also’, contoh penggunaan conjunction ‘because’, dan masih banyak lainnya.

Nah, dalam penggunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk conjunction ini, yet memiliki kata arti ‘tetapi’. Hampir mirip dengan penggunaan ‘but’ sebagai conjunction memang. Karena dalam konteks ini ‘yet’ menjadi penghubung, maka penggunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk conju Untuk lebih jelasnya, mari kita simak contoh penggunaan yet dalam Bahasa Inggris untuk conjunction berikut ini:

  1. I love eating, yet I hate cooking

(Aku suka makan, tetapi aku benci memasak)

  1. She hates rain, yet she loves rainbow.

(Dia benci hujan, tapi  dia suka pelangi)

  1. Dito is fat, yet he can daning very good.

(Dito gemuk, tetapi dia bisa menari dengan baik)

Nah, itu tadi penjelasan mengenai penggunaan yet dalam Bahasa Inggris ya teman-teman, semoga penjelasan tadi bisa membantu teman-teman untu belajar Bahasa Inggris ya.  Sampai jumpa di artikel selanjutnya…

, ,