Sponsors Link

Penggunaan Time Clause dalam Bahasa Inggris – Contoh Kalimat

Sponsors Link

Ada berbagai macam parts of speech (unsur penyusun kalimat) yang biasa kita kenal. Setidaknya ada delapan parts of speech dan salah satu yang kita bahas kali ini ialah adverb atau kata keterangan. Kata keterangan digunakan untuk menjelaskan subjek atau objek di dalam kalimat. Adapun subjek dan objek itu terdiri dari pronoun (kata ganti) dan noun (kata benda).

ads

Ada beberapa jenis adverb, salah satunya ialah adverbial clause atau klausa keterangan yang terdiri dari macam-macam, termasuk salah satunya ialah  Adverbial clauses of time atau yang biasa disebut dengan time clause. Time clause sendiri terdiri dari  dua jenis klausa yakni: main clause (klausa utama) dan time clause (klausa waktu). Time clause dimulai dengan kosa kata seperti while, when, whenever, as, as soon as, since, once, after, before, until. Time clause dapat berada sebelum atau sesudah main clause tanpa mengubah makna kalimat.

Jika time clause menunjukkan kejadian di masa depan, maka pada time clause digunakan simple present tense dan main clause terdiri dari shall/will + infinitive/ perfect infinitive atau modal + infinitive/ imperative. Ketika kalimat kalimat kompleks berisi temporal clause (klausa sementara), maka time clause memiliki referensi masa depan (future reference). Future yang dimaksud biasanya ditandai dengan kata will/shall. Berikut ini contohnya:

  • Rose will go home soon. Then she will call you.
    (Rose akan segera pulang, lalu dia akan meneleponmu).

kita dapat menggunakan simple present atau present perfect ketika kita mengharapkan masa depan tertentu seperti contoh berikut ini:

  • I will return your comic books on Sunday. I will have read them by then.
    (saya akan mengembalikan komik-komikmu hari ahad. Saya akan selesai membaca mereka sebelum itu)

Terdapat beberapa kata yang dapat menggantikan kata-kata yang telah disebutkan sebelumnya seperti till, once, immediately, the minute, the momen, dan the day.

Berikut ini beberapa contoh kalimat penggunaan time clause dalam bahasa Inggris:

  • Wait till I come home
    (tunggu sampai saya pulang)
  • Since I left library, I’ve only ate once
    (sejak saya meninggalkan perpustakaan, saya hanya makan sekali)
  • The courier arrived while my mom was having a breakfast
    (kurir itu tiba selagi ibu saya sedang sarapan) 
    Sponsors Link

  • My sister was doing her homework while my father and my mother were watching telly
    (saudara perempuan saya sedang mengerjakan pekerjaan rumah ketika ayah dan ibu saya sedang menonton televisi)
  • Rose waited at guest room while I had a shower
    (Rose menunggu di ruang tamu ketika saya sedang mandi)
  • Mrs. Smith cut herself when she was cutting onion
    (Nyonya Smith teruka ketika dia sedang memotong bawang)
  • The burglar was arrested as he was leaving the jewelery
    (maling itu tertangkap ketika dia meninggalkan toko perhiasan)

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi penggunaan time clause dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Penggunaan Time Clause dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti apa time clause itu dan bagaimana cara menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Adverbs