Sponsors Link

Penggunaan Kata “of” dalam Kalimat Bahasa Inggris

Sponsors Link

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dalam pergaulan internasional. Oleh karena itu, bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh para pelajar di Indonesia dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar hingga jenjang pendidikan sarjana. Sama seperti bahasa-bahasa lain di dunia, bahasa Inggris juga memiliki banyak kosa kata (vocabulary) yang harus dikuasai agar dapat menggunakan bahasa tersebut dengan baik.

ads

Dalam kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai penggunaan salah satu kosa kata dalam bahasa Inggris, yakni kata of. Kata tersebut banyak digunakan di dalam bahasa Inggris. karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana penggunaan kata of dalam kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai dengan aturan di dalam grammar bahasa Inggris.

Kata of merupakan salah satu kata depan (preposition) yang banyak digunakan dalam bahasa Inggris. namun, pada beberapa penggunaan, kata of tidak perlu diterjemahkan. Ia dapat berbentuk singular noun, plural noun, dan uncountable noun. Kata of juga dapat diikuti dengan gerund (verb + Ing). Setidaknya terdapat tiga jenis penggunaan kata of dalam kalimat bahasa Inggris. berikut ini akan penulis jelaskan ketiga penggunaan tersebut:

1. Kata Of sebagai Kata Sifat

Pada penggunaan yang pertama ini, kata of diposisikan di depan kata benda yang diterangkannya. Misalnya yakni The university of Indonesia, the island of a thousand towers, the island of paradise dan lain sebagainya. Pada kata-kata tersebut, Indonesia, a thousand towers,  dan paradise ialah kata benda yang diikuti oleh of di depannya. Berikut ini contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • Raina get accepted at the State University of Surakarta

(Raina diterima di Universitas Negeri Surakarta)

  • Many people refer Madura as “the Island of Salt”.

(Banyak orang menyebut Madura sebagai “Pulau Garam”)

2. Kata Of untuk menyatakan Jumlah (Quantity)

Terdapat beberapa fungsi ketika kata of digunakan untuk menyatakan jumlah. Fungsi pertama yakni berfungsi sebagai determiner yang dapat diikuti oleh kata benda tidak terhitung (uncountable noun) dan kata benda yang dapat dihitung (countable noun). Berikut ini contoh kalimatnya:

  • All of that table was made in Jepara.

(Semua dari meja itu dibuat di Jepara)

  • Most of my saving has been spent out.

(Kebanyakan dari tabunganku telah habis terbelanjakan).

  • All of those cookies were made by my mother

(Semua dari kue-kue kering itu dibuat oleh ibu saya)

Rumus berikutnya yakni Determiner + OF jika diikuti oleh specific uncountable noun. Berikut ini contohnya:

  • Much of this cupboard was made of plastic

(Banyak dari lemari ini dibuat dari plastik). 

Sponsors Link

3. Of yang didahului oleh kata kerja

Terdapat beberapa kata kerja yang bisa diikuti oleh kata of. Pada penggunaan ini, biasanya kata of dapat digantikan dengan kata about. Berikut ini contohnya:

  • talk of = talk about
  • think of = think about
  • dream of = dream about
  • discuss of = discuss about

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi penggunaan kata whereas dalam kalimat bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Penggunaan Kata Of dalam Kalimat Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti apa kata whereas itu dan bagaimana cara menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, , ,
Oleh :
Kategori : Writing