Sponsors Link

Penggunaan In, On, dan At pada Waktu dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Terdapat banyak kosa kata di dalam bahasa Inggris. setiap kosa kata tersebut memiliki fungsinya tersendiri yang dapat dikelompokkan ke dalam delapan kategori parts of speech atau unsur penyusun kalimat. Ada pun delapan kategori yang dimaksud ialah kata kerja (verb), kata benda (noun), kata sifat (adjective), kata keterangan (adverb), kata depan (preposition), kata seru (interjection), kata sambung (conjunction), dan kata ganti (pronoun).

ads

Dalam kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan kepada pembaca mengenai beberapa preposition.  Adapun fungsi dari preposition yakni mengawali untuk menjelaskan kata benda, kata ganti, dan gerund (verb + Ing). Terdapat beberapa jenis preposition di dalam grammar bahasa Inggris, yakni preposition of time, preposition of place, dan lain sebagainya. Khusus kali ini, kita akan membahas preposition of time.

Preposition of time yang banyak digunakan ialah in, on, dan at. Kesalahan umum yang terjadi pada penggunaan ketiga kata depan tersebut ialah tertukar fungsinya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami perbedaan penggunaan di antara ketiganya agar kemampuan berbahasa Inggris kita meningkat dalam berbagai aspek. Nah, berikut ini penulis sampaikan uraian mengenai penggunaan in, on, dan at pada waktu dalam bahasa Inggris:

1. Penggunaan In

Kata depan in berfungsi untuk menunjukkan rentang waktu yang bersifat sangat umum atau di dalam periode waktu yang terhitung sangat panjang seperti abad, tahun, bulan, dan sebagainya. Berikut ini contoh penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris:

  • In United Kingdom, it starts snowing in December

(di negara Inggris, musim salju atau musim dingin dimulai pada bulan Desember)

  • I dont know how our country will be in the future

(saya tidak tahu akan bagaimana negara kita di masa depan)

Untuk beberapa ekspresi, kata in digunakan secara tetap, misalnya in the morning, in the afternoon, in the evening, dan lainnya.

2. Penggunaan On

Kata on berfungsi untuk menunjukkan waktu yang lebih spesifik dibandingkan in. On merujuk pada hari dan tanggal seperti on Monday, on 25 November, dll. Berikut ini contoh kalimatnya:

  • Do you go to school on Monday?

(apakah kamu pergi ke sekolah pada hari senin?) 

Sponsors Link

3. Penggunaan At

Kata at memiliki fungsi untuk menunjukkan waktu yang sangat spesifik. Ia merujuk pada waktu yang tepat atau dapat juga disebut precious time seperti jam 7 tepat, jam 8.30, at Sunrise, at bedtime, at midnight, dan lain sebagainya. Berikut ini contoh penggunaannya dalam kalimat:

  • She has a meeting at 7 o’clock

(dia ada rapat pada pukul tujuh tepat)

Ada beberapa common expression dari kata at seperti at night, at the weekend, at christmas, at the same time, dan lainnya. Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa terdapat beberapa keterangan waktu yang tidak membutuhkan adanya preposition seperti keterangan waktu yang didahului kata last, this, every, dan next.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi penggunaan kata in, on, dan at pada waktu dalam kalimat bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini. Semoga dengan membaca artikel mengenai Penggunaan In, On, dan At pada Waktu dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti apa kata at, in, dan on itu dan bagaimana cara menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

,