Sponsors Link

Penggunaan Adjective Clause dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Lengkap

Sponsors Link

Hello there our fellow readers! Apa kabar anda sekalian? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat selalu ya. Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas materi mengenai penggunaan against dalam bahasa Inggris beserta contoh dan artinya. tentu setelah membaca materi tersebut pembaca menjadi semakin memahami bagaimana cara menggunakan against.

ads

Dalam kesempatan ini penulis hendak mengajak pembaca untuk membahas beberapa hal mengenai penggunaan adjective clause dalam bahasa Inggris. adjective atau kata sifat ialah salah satu bagian dari parts of speech (unsur penyusun kalimat) yang digunakan untuk menggambarkan sifat dari subjek ataupun objek yang dapat berupa noun (kata benda) dan pronoun (kata ganti). Terdapat beberapa jenis adjective, namun yang akan secara lengkap kita bahas kali ini ialah penggunaan adjective clause dalam bahasa Inggris.

Adjective clause atau yang juga dikenal sebagai relative clause ialah dependent clause (klausa terikat) yang memiliki peran sebagai kata sifat yang menerangkan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun) dalam main clause (klausa utama) dalam kalimat kompleks. Secara singkat, rumus complex sentence ialah:

Main clause + adjective clause

Diantara keduanya ditandai dengan keberadaan relative pronoun atau kata ganti penghubung (relative pronoun). Who, whose, whom, that, which, dan setiap indifinite relative pronoun dengan akhiran –ever (whoever, whicever etc.) merupakan beberapa relative pronoun yang biasa digunakan. Selain itu, adjective clause juga dapat dibentuk menggunakan relative adverb seperti where, why, dan when.

Penempatan adjective clause dapat bervariasi berdasarkan apa yang diterangkan oleh adjective clause itu sendiri. Jika adjective clause menerangkan subjek, maka adjective clause berada setelah subjek. Jika adjective clause digunakan untuk menerangkan objek, ia berada setelah objek dan jika adjective clause digunakan untuk menjelaskan subject complement, ia berada setelah subject complement itu. Agar pembaca lebih memahami penggunaan adjective clause dalam bahasa Inggris, berikut ini penulis sampaikan contoh kalimatnya:

  • That is made of fabric

(yang terbuat dari kain)

  • Which she wish to bring

(yang dia ingin untuk dibawa)

  • (whose house has sold to a real state agent)

(yang rumahnya telah dijual kepada seorang agen perumahan)

  • People who exercise more may have healthy body

(orang yang banyak berolahraga mungkin memiliki tubuh yang sehat) 

Sponsors Link

  • She is the woman who cooks to her whole family

(dia adalah perempuan yang memasak untuk seluruh anggota keluarganya)

  • Pringsewu is the city where he was born

(Pringsewu adalah kota dimana dia dilahirkan)

  • My grandfather still remember the day when he First met my grandmother

(kakek saya masih mengingat hari dimana beliau pertama kali bertemu nenek saya)

  • It is the dress that she really like

(itu adalah gaun yang sangat dia sukai)

  • Blackie, which is very cute and Smart, is my dog

(Si hitam, yang sangat lucu dan pintar, adalah anjing peliharaan saya)

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi penggunaan adjective clause dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini. Semoga dengan membaca artikel mengenai Penggunaan Adjective Clause dalam Bahasa Inggris ini, pembaca dapat memahami seperti apa time clause itu dan bagaimana cara menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, , ,