Sponsors Link

Contoh Kalimat Gerund sebagai Subjective Complement

Sponsors Link

Dalam padanan kalimat bahasa Inggris, kita mengenal beberapa unsur-unsur pembentuk kalimat. Lazimnya setiap kalimat dalam bahasa Inggris diawali dengan Subject yang biasanya ditempati oleh Pronoun atau kata ganti orang (Baca Ciri-ciri pronoun rumus dan contoh). setelah itu diikuti dengan verb atau kata kerja (Baca kata kerja Bahasa Inggris Verb 1,verb2,verb 3 terlengkap) , noun atau kata benda (Baca Daftar singular dan plural noun). Dalam padanan kalimat kompleks dapat juga mengandung adjective  atau kata sifat dan adverb atau kata keterangan.

ads

Namun bahasa Inggris juga mengenal satu konsep unsur pembentuk kalimat lain yang merupakan modifikasi dari unsur di atas. Unsur pembentuk kata yang dimaksud disebut dengan gerund. Gerund sendiri sejatinya adalah upaya transformasi dari verb yang justru berfungsi sebagai verb dan biasanya diakhiri dengan -ing pada verb yang menjadi gerund.

Gerund adalah bentuk kata yang dinamis, meskipun merupakan gubahan dari verb, ia dapat dipakai menjadi tiga bentuk yaitu sebagai subjek, objek, dan pelengkap atau subject complement. Yang dimaksud dengan gerund sebagai subject complement adalah gerund yang dipadankan dengan bentuk to be seperti is, am, are, dengan kata lain gerund sebagai subject complement lazim ditemukan dalam kalimat pasif. Sebagai pengenalan, berikut merupakan contoh kalimat gerund sebagai kalimat subject complement. (formula S/pronoun + adverb + gerund + noun)

1. The most important thing you must do today are cleaning the classroom – Hal terpenting yang harus kamu lakukan hari ini adalah membersihkan ruang kelas

2. You must know that her father is disliking the fact that you have a crush towards his daughter – Kamu harus tahu bahwa ayahnya sangat tidak senang bahwa kamu menaksir anaknya.

3. The trip to the Alpen’s mountain is mesmerizing me – perjalanan ke gunung Alpen sangat memesonaku

4. Siska’s main goal is winning the smartest student award this year – tujuan utama Siska adalah untuk memenangkan penghargaan siswa terpandai tahun ini.

5. Donald Trump is regretting his decision to deliberately shutdown the government function – Donald Trump menyesali keputusannya untuk sengaja menghentikan sementara fungsi pemerintahannya.

6. TheDX generations” are knowing as the best pair ever in the global wrestling championship – DX generations terkenal sebagai pasangan terbaik di kejuaraan gulat dunia.

7. For the exam, I’m studying the hardest part of this material – Ketika hari ujian semakin mendekat, aku mempelajari bagian tersulit dari material ini

8. Brenda’s biggest fear is touching the snake – Ketakutan terbesar Brenda adalah ketika harus memegang ular

9. Hendry is began to sleep as he is finishing his medication – Hendry mulai tertidur ketika ia menghabiskan obatnya 


10. The Japan’s government’s biggest goal is launching the cool Japan initiatives which aimed to compete the South Korea’s Hallyu Wave – target terbesar pemerintahan Jepang adalah untuk mengeluarkan program Jepang keren untuk menyaingi gelombang hallyu milik Korea Selatan

11. His biggest mistake during that match is giving too many space for the opponent to shoot the ball – kesalahan terbesarnya adalah dengan memberikan lawan ruang gerak yang bebas untuk menembak bola

12.Faraz understand that he is going be reprimanded by Mr.Sachul – Faraz menyadari betul bahwa ia akan dimarahi oleh pak Sachul.

13.Dendi’s injury is forcing him to surrender its career on esports – cedera yang dialami Dendi memaksanya untuk menghentikan karirnya di esports.

Demikianlah sebagian kecil dari contoh kalimat dengan gerund sebagai subject complement. Untuk mengetahui penggunaan gerund sebagai subjek saja, kamu bisa melihat-lihat contoh gerund as subject dalam bahasa Inggris. Happy learning.

, , , , ,
Oleh :