Sponsors Link

20 Contoh Kalimat Adverb Clause of Concession

Sponsors Link

Kebanyakan dari pembaca tentu telah mengetahui apa itu adverb. Adverb merupakan salah satu bagian dari parts of speech atau penyusun kalimat yang memiliki fungsi untuk menjelaskan kata benda (noun), kata kerja (verb), kata sifat (adjective), kata keterangan yang lainnya, atau suatu kalimat secara keseluruhan.

ads

Dalam grammar bahasa Inggris, ada berbagai jenis adverb yang dikenal dan dapat digunakan dalam kalimat seperti adverb of time (keterangan waktu), adverb of place (keterangan tempat), dan berbagai jenis adverb yang lainnya. Dalam kesempatan ini,  penulis akan menyampaikan pada pembaca mengenai salah satu penjelasan mengenai adverb yang lainnya, yaitu adverb clause of concession.

Adverb clause ialah adverb yang berbentuk klausa. Artinya, sebuah klausa yang digunakan untuk menjelaskan kalimat yang lainnya. Ia merupakan anak kalimat atau dependent clause. Adverb clause biasanya dimulai dengan kata penghubung (subordinate conjunction) seperti after, before, when, that, because, etc. Adanya kata penghubung ini merupakan jembatan bagi adverb clause dan Independent clause. Gabungan dari adverb clause dan Independent clause biasa disebut dengan complex sentence.

Adverb clause of concession merupakan salah satu jenis adverb clause yang digunakan untuk menyatakan perbedaan atau pertentangan. Ia menggunakan conjunction seperti even though, altough, though, while, dan whereas. Seperti apa contoh kalimat adverb clause of concession itu?

Berikut ini beberapa contohnya:

  • I was running to the school this morning even though i went earlier

(saya berlari menuju sekolah pagi ini meskipun saya pergi lebih awal)

  • Our team did not win the Basketball competition although we had practiced very hard

(tim kami tidak memenangkan pertandingan bola basket meskipun kami telah berlatih sangat keras)

  • We keep watching the movie even though it was so scary

(kami tetap menonton film itu meskipun filmnya sangat menyeramkan)

  • While the music is too loud, Mr. Smith slept on the couch at the club

(meskipun musiknya disetel dengan sangat keras, tuan Smith tetap tidur di kursi klub)

  • Even though the badminton coach is very mean, he very love his pupil

(meskipun pelatih bulu tangkis itu sangat galak, dia sangat mencintai anak-anak didiknya)

  • The bank’s queue is very crowded even though the bank is almost closed

(antrian di bank sangat ramai meskipun banknya hampir tutup)

  • The boy love the girl even though the girl doesn’t love him

(anak laki-laki itu mencintai gadis itu meskipun si gadis tidak mencintainya)

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi contoh kalimat adverb clause of concession dalam bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Contoh Kalimat Adverb Clause of Concession ini, pembaca dapat memahami seperti apa kalimat adverb clause of concession itu dan bagaimana cara menggunakannya dalam conversation bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris pembaca dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, ,
Oleh :
Kategori : Adverbs