Sponsors Link

6 Ciri-Ciri Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Sponsors Link

Pada dasarnya dalam belajar bahasa Inggris tidak harus selalu hafal arti setiap kata, akan tetapi harus mengetahui maksud dalam kalimat tersebut. Dalam bahasa Inggris terdapat beragam jenis cerita atau peristiwa. Cerita ini tersusun atas paragraf, dimana paragraf tersebut tersusun atas kalimat.

ads

Oleh sebab itu memahami cerita dalam bahasa Inggris tidak harus kita artinya per kata. Kita bisa melihat secara umum jenis cerita tersebut. Salah satu contohnya adalah narativ text. Narrative text merupakan cerita tentang legenda, mitos atau cerpen. Salah satu contoh narativ text yang terkenal adalah cerit rakyat malin kundang. Pada artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang ciri – ciri narrative text dalam bahasa Inggris.

Sebelum membahas ciri – ciri narrative text dalam bahasa Inggris, kita harus mengetahui tujuan dari narrative text tersebut. Tujuan narrative text adalah menghibur serta menginformasikan suatu cerita rakyat di suatu daerah sehingga dapat menambah informasi kepada pembaca. Berikut ini ciri – ciri narrative text dalam bahasa Inggris yang telah dirangkum oleh tim survey azbahasainggris.com, antara lain: ( cara meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris)

1. Struktur Text

Pada narrative text tersusun dari 4 komponen utama, antara lain:

  • Orientation atau pendahuluan cerita, berupa penjabaran waktu, tempat, tokoh, watak setiap tokoh serta apa yang sedang terjadi.
  • Complication atau terjadinya permasalahan di antara tokoh berupa penjabaran sebab timbulnya masalah antar tokoh , terjadinya kejadian – kejadian akibat permasalah tersebut, serta menjabarkan puncak konflik.
  • Resolution atau penyelesaian masalah berupa konfilk tersebut mulai menurun dan akhirnya terselesaikan
  • Re-orientation atau ungkapan yang menunjukan bahwa cerita ini sudah berakhir serta penulis menuliskan sebuah pesan moral yang tersurat dan tersirat dalam narrative text tersebut

2. Linguistic Features

Ciri – ciri narrative text yang satu ini menunjukan kebahasaan. Di ciri ini terdapat 6 komponen didalamnya,antara lain:

  • Noun tertentu yang berfungsi menggantikan orang atau tokoh ketiga, misal stepbrother
  • Adjective menggambarkan diskripsi seorang tokoh, misal long hair
  • Time adverb menggambarkan cerita masa lalu
  • Adverb atau adverbial phase untuk menunjukan lokasi kejadian di cerita tersebut
  • Terdapat kata saying verbs, seperti said , told etc
  • Action verbs dalam bentuk lampau contohnya played

3. Ceritanya Berurutan

Dalam narrative text, kronologi cerita berurutan dan tidak boleh alur cerita maju mundur. Kronologi cerita harus berurutan supaya pembaca tidak binggung dan mengerti apa maksud dari cerita tersebut 

Sponsors Link

4. Menggunakan Kata Penghubung

Karena ceritanya berurutan maka dalam narrative text harus menggunakan kata penghubung. Kata penghubung disini dimaksudkan agar cerita tidak terputus dan ada kelanjutan dari peristiwa sebelumnya. Selain ini digunakan kata penghubung juga diharapkan pembaca dapat memahami isi serta makna cerita secara utuh dan lengkap

5. Fokus Pada Tokoh

Pada narrative text fokus pada tokoh utama artinya cerita didalamnya selalu yang diutamakan adalah tokoh utama. Tokoh utama ini yang akan menjadi pesan kepada pembaca. Kejadian yang dialami tokoh utama menjadi suri tauladan agar dapat diilhami pembaca.

Contoh cerita rakayat malin kundang, dengan tokoh utama malin kundang yang durhaka dengan ibu kandungnya. Di akhir cerita ibunya mengutuk malin kundang jadi batu dan seketika malin kundang jadi batu. Narative text malin kundang sebagai tokoh utama, maka penulis menyampaikan pesan moral kepada pembaca agar tidak pernah durhaka kepada orang tua khususnya ibu kandung. 

Sponsors Link

6. Terdapat dialog

Pada narrative text terdapat dialog yang menghubungkan tokoh utama dengan tokoh pendukung.

Nah, seperti itu ciri – ciri narrative text dalam bahasa Inggris. Bagi Anda yang ingin belajar bahasa  Inggris sebaiknya Anda sering membacara narative text dalam bahasa Inggris, untuk mempermudah Anda dalam memperkaya perbendaharaaan kata bahasa Inggris. Selamat belajar dan semoga bermanfaat. (baca juga: Manfaat Belajar Bahasa Inggris Online)

Baca juga:

, ,
Oleh :
Kategori : Writing