Sponsors Link

Cara Mengajarkan Alphabet Bahasa Inggris pada Anak, Mudah dan Efektif

Sponsors Link

Bahasa merupakan kebiasaan, jadi jika Anda ingin putra atau putri Anda cepat menguasai bahasa Inggris maka Anda harus meluangkan waktu 1-2 jam atau bahkan beberapa menit setiap harinya untuk melatih  cara belajar bahasa Inggris untuk anak 5 tahun.

Cara Mengajarkan Alphabet Bahasa Inggris pada Anak

Utamanya yaitu pelajaran speaking agar lancar dalam pengucapan. Bagi Anda calon ibu atau ibu muda yang ingin mengajarkan putra atau putrinya untuk mempelajari alphabet bahasa Inggris, maka dapat menerapkan cara ini. Yaitu dengan belajar sambil bermain.

  • Menulis Alphabet Menggunakan Media Game

Cara ini dapat diterapkan dengan menulis abjad alphabet melalui media pewarnaan, dan bermain game bersama anak. Tetapi jika Anda menghadapi ketika mengajar anak dalam mengenali huruf dan abjad alphabet, maka berusahalah untuk mencari cara yang menyenangkan untuk menulis alphabet sesuai kesukaan anak – anak. Nantinya, mereka akan bisa mempelajari lebih lanjut tentang  aturan huruf kapital dalam Bahasa Inggris.

Terdapat banyak metode yang dapat Anda lakukan untuk memberikan pelajaran atau materi tentang alphabet bahasa Inggris. Sama halnya ketika Anda mengajarkan Alphabet bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris juga harus dibiasakan ketika anak berusia belia hingga beranjak ke kanak – kanak. Namun sebelum beranjak pada kosakata atau vocabulary, tenses ataupun grammar. Tentunya Anda perlu mengajarkan putra atau putri Anda Abjad Alphabet terlebih dahulu.

  • Mengajarkan Secara Tatap Muka Sebagai Pembiasaan

Pelajaran sejak dini tentang alphabet tidak hanya didapatkan anak pada sekolah formal atau biasa disebut paud, tetapi jika Anda ingin secara langsung bertatap muka dan mengajarkan secara langsung pada anak Anda ini juga sangat dianjurkan.

Mengapa demikian? Karena dengan pengajaran yang dilakukan sendiri oleh orang tua itu lebih efektif, kalau pada sekolah Paud tidak hanya anak Anda yang diajari. Namun banyak juga temannya dan ini takutnya tidak efektif. Dan untuk yang lebih efektif lagi jika Anda  menerapkan pengajaran secara manual namun Anda juga menyekolahkan anak Anda  untuk pengajaran sosialisasi dan pengaplikasian bersama teman sebayanya.

  • Instruksi yang diikuti dengan Pengaplikasiannya

Cara yang satu ini memang sering diaplikasikan untuk mengajarkan alphabet bahasa Inggris kepada anak Anda. Anda dapat memulainya dari abjad yang paling awal yaitu huruf A yang dalam bahasa Inggris dibaca Ei. Ajarkan mulai dari bahasa Indonesianya terlebih dahulu jika Anda merasa kesulitan dalam mempelajari abjad Alphabet bahasa Inggris. 

Namun jika anak suka belajar dalam artian suka mempelajari hal baru maka tidak ada salahnya jika Anda ingin mengajarkan kedua bahasa sekaligus. Dapat juga perlu Anda batasi untuk beberapa abjad saja, dan ulangi lagi keesokan harinya dan menambahkan abjad baru agar ingatan anak Anda tetap fresh lakukan berulang namun jangan terlalu lama.

Selain pengucapannya ajari pula anak Anda untuk menulis nya di kertas kosong yang memang sengaja diperuntukkan untuk pengaplikasian anak dalam mengetahui bentuk huruf yang sedang dipelajari pengucapannya. Anda juga dapat mengaplikasikan pada nama benda misalnya A yaitu Apel dalam bahasa Inggris menjadi A yaitu Apple. Ini akan mempermudah anak Anda dalam menghafal abjad alphabet yang dipelajarinya.

  • Menggunakan Garis Putus-Putus

Dalam pelatihan menulis bentuk huruf, Anda dapat menggambar abjad dengan garis putus-putus terlebih dahulu pada sebuah kertas. Lalu minta anak untuk menggunakan spidol atau crayon sampai menebali bentuk pola yang dimaksudkan.

Setelah dirasa anal telah mampu menulis abjad yang dimaksud secara baik dan benar, Anda dapat melatih anak Anda dengan kertas kosongan tanpa pola dan mintalah anak Anda untuk menulis abjad yang Anda minta. Dengan cara ini, anak-anak akan lebih mudah mempelajari tentang aturan menulis tanggal dalam bahasa Inggris selanjutnya. 

  • Praktek Setelah Materi Secara Rutin

Setelah Anda mengajarkan anak untuk mengenal abjad alphabet serta penulisannya, bahkan jika Anda mengajarkan pula pengaplikasiannya pada kata benda. Inilah salah satu poin Alasan mengapa anak-anak belajar bahasa Inggris di usia muda adalah karena masa ini memang sangat penting baik untuk belajar alphabet maupun materi lain.

Anda dapat mendorong agar anak selalu berlatih menulis abjad dalam bahasa Inggris. Jika putra atau putri Anda lupa maka Anda tinggal memgingatkan setiap kali ada abjad di sekitar Anda dan anak yang dapt mengingatkan cara pembacaan atau pelafalan bahasa Inggrianya.

Anda dapat mengajaknya untuk membaca buku bergambar tentang abjad dan nama bendanya yang tertulis dalam bahasa Inggris ya mom! Atau bacakan dongeng sebelum tidur yang diselingi atau full menggunakan bahasa  Inggris dengan kosakata yang ringan dan mudah dipahami saja. Hal ini dilakukan agar Anak terstimulus untuk berlatih menggunakan bahasa Inggris.

Walaupun bahasa yang digunakan sehari – hari tetap bahasa  Indonesia tapi Anda juga harus membiasakan bahasa Inggris pula untuk melatihnya dalam mutibahasa. Tetapi tetap perlu Anda ingat untuk tidak memaksa Anak dalam menggunakan bahasa yang mereka pelajari.

Tetap arahkan anak untuk menggunakan bahasa  sesuai kondisi dan keadaan ya! So bagaimana betapa mudah bukan cara untuk mengajarkan anak Anda  mempelajari alphabet bahasa Inggris kepada anak? Yuk segera diaplikasikan ya mom agar anak memperoleh kemampuan dasar bahasa inggris yang sesuai kebutuhan masa kini.

, ,
Oleh :
Kategori : English Skills