Sponsors Link

Gengs, Inilah Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Listening yang Mudah

Sponsors Link

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan dalam pergaulan internasional di era globalisasi ini. sudah menjadi kewajiban kita untuk menguasainya agar memiliki daya saing dan keluasan jaringan kita.

ads

Tak jarang bahasa Inggris dijadikan persyaratan untuk memperoleh beasiswa baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, penguasaan bahasa Inggris baik aktif maupun pasif juga sering dijadikan kualifikasi dalam melamar pekerjaan.

Oleh karena itu, terdapat banyak lembaga yang menawarkan pendidikan atau pelatihan bahasa Inggris. namun, banyak juga orang yang dapat menguasai bahasa Inggris secara mandiri atau autodidak. Salah satu cara yang paling cepat untuk melakukan hal tersebut adalah dengan listening atau mendengarkan.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Listening

Nah, dalam kesempatan ini penulis hendak menyampaikan kepada pembaca suatu materi mengenai cara belajar bahasa Inggris dengan listening. Berikut ini penjelasannya:

  • Buat Targetan Penguasaan Pembelajaran

Untuk mempelajari suatu hal, kita harus menentukan target pembelajaran atau learning goals. Pada tanggal sekian anda sudah dapat menguasai materi apa. Itu harus ditentunkan.

Selain itu, di dalam learning goals juga tercantum metode seperti apa yang harus kita gunakan dalam mencapainya. Learning goals sebaiknya rinci agar kemajuan kita dalam mempelajari bahasa Inggris, khususnya dengan metode listening, dapat terus terukur dan dapat dievaluasi.

  • Cari Materi Listening yang Sesuai dengan Anda

Ketika anda telah memilih metode listening atau mendengarkan sebagai metode anda untuk mempelajari bahasa Inggris secara autodidak, maka anda harus mencari materi listening yang sesuai dengan anda, khususnya kemampuan dan kesukaan anda.

Misalnya anda dapat memilih video mengenai materi yang anda suka atau film-film yang menggunakan bahasa Inggris dari dua aksen berbeda, yakni British english atau American english. Selain itu, anda juga dapat menggunakan podcast suara berbahasa Inggris.

  • Harus Fokus dalam Listening

Ketika mempelajari bahasa Inggris, sangat penting bagi kita untuk fokus pada mendengarkan materi. Jika anda fokus untuk mencatat kosakata atau vocabulary yang tidak anda mengerti, maka anda akan kehilangan fokus terhadap perkataan yang akan disampaikan selanjutnya sehingga anda akan tertinggal pembahasan yang ada di materi.


  • Pahami Ide dari Materi Listening

Salah satu kesalahan umum yang banyak terjadi di dalam sesi listening ialah banyak pelajar yang terlalu fokus pada grammar bahasa Inggris, khususnya tenses yang digunakan di dalam kalimat. Seharusnya, kita lebih fokus pada ide yang ada di dalam materi listening.

Ketika ide utama di dalam materi tersebut dapat kita pahami, maka kita dapat menjawab pertanyaan apapun tentang materi listening tersebut.

  • Mulai Percakapan

Tahap terakhir adalah memulai percakapan. Pada awalnya memang kita menjadi passive listener, namun ketika telah memulai percakapan dalam bahasa Inggris, kita harus menjadi active listener yang harus merespon percakapan tersebut.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi cara belajar bahasa Inggris dengan listening yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini.

Semoga dengan membaca artikel mengenai Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Listening ini, pembaca dapat memahami seperti apa cara belajar bahasa Inggris dengan metode listening sehingga dapat menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris anda dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

,