Sponsors Link

Alat-Alat Laboratorium dalam Bahasa Inggris dan Fungsinya

Sponsors Link

Hello there our fellow readers! Apa kabar anda sekalian? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat ya. Beberapa waktu yang lalu kita telah membahas materi mengenai kata sindiran buat teman munafik dalam bahasa Inggris beserta artinya. Setelah membaca materi tersebut tentu pembaca semakin memahami segala sesuatu mengenai bagaimana cara menyindir teman yang munafik dalam bahasa Inggris.

ads

Dalam kesempatan ini, penulis hendak mengajak pembaca untuk memperluas khazanah pengetahuan kosa kata (vocabulary) mengenai alat-alat laboratorium dalam grammar bahasa Inggris dan fungsinya. Sangat penting untuk mengetahui apa saja alat-alat laboratorium yang umumnya ada di sekitar kita sehingga kita tidak salah dalam memahami peralatan laboratorium.

Hal ini untuk menghindari kecelakaan yang disebabkan ketidaktahuan kosakata bahasa Inggris mengenai alat-alat laboratorium. Berikut ini penjelasan setiap alat-alat laboratorium dalam bahasa Inggris dan fungsinya:

  • Gelas Ukur

Alat laboratorium pertama yang kita bahas adalah gelas ukur. Mungkin sebagian besar dari kita menerjemahkan gelas ukur secara harfiah, yakni mengukur: measuring dan gelas: glass sehingga menjadi measuring glass. Nah, sejatinya dalam bahasa Inggris gelas ukur dikenal sebagai measuring cylinder.

  • Mikropipet

Terdapat alat yang dapat digunakan untuk mengambil cairan hingga sebanyak 0.001 ml. Alat yang dimaksud adalah mikropipet. Namun bahasa Inggris dari alat ini bukan micropipette, melainkan Microliter Pipette

  • Pipet Ukur

Pipet ukur atau pipet skala adalah pipet yang memiliki keterangan angka-angka pada tabungnya. Terjemahan bahasa Inggris dari pipet ini adalah graduated pipette.

  • Pipet Volumetrik

Pipet volumetrik dapat dikatakan sebagai pipet yang memiliki ketelitian tinggi walaupun tidak setinggi mikropipet dan memiliki ciri khas adanya bentuk gelembung di tengahnya. Penerjemahan ke dalam bahasa inggrisnya pun mudah, yakni volumetric pipette.

  • Tabung Erlenmeyer

Tabung erlenmeyer adalah salah satu alat laboratorium yang paling umum. Ia biasa digunakan ketika kita hendak mencampur bahan kimia. Terjemahan bahan Inggris dari benda ini bukan erlenmeyer tube, melainkan erlenmeyer flask.

  • Labu Ekstraksi

Di lab-lab kimia atau biologi banyak menggunakan labu ekstrasi untuk memisahkan komponen di dalam larutan. Bahasa Inggris dari labu ekstrasi ini adalah Separating funnel.

  • Cawan Petri

Alat laboratorium yang selanjutnya kita bahas adalah cawan petri. Ia merupakan alat yang digunakn untuk menumbuhkan bakteri dalam media yang tertampung di dalamnya. Bahasa Inggris dari cawan petri adalah petri dish.


  • Pinset

Alat penjepit yang umum digunakan di dalam laboratorium adalah pinset. Terjemahan bahasa Inggris dari kata pinset adalah Forcep.

  • Labu Ukur

Untuk mengukur jumlah zat yang kita butuhkan di laboratorium secara tepat, kita dapat menggunakan labu ukur. Bahasa Inggris dari labu ukur bukanlah measuring flask, melainkan Volumetric flask.

  • Lemari Asam

Terdapat sebuah ruangan atau lebih tepatnya lemari yang biasa digunakan untuk melakukan reaksi atau menyimpan bahan yang mudah menguap. Lemari tersebut biasa dikenal sebagai lemari asam dan bahasa inggrisnya adalah Fume Hood.

Penjelasan di atas merupakan uraian mengenai materi cara belajar bahasa Inggris yang dapat penulis sampaikan kepada pembaca dalam kesempatan yang indah ini. Semoga dengan membaca artikel mengenai Alat-Alat Laboratorium dalam Bahasa Inggris dan Fungsinya ini, pembaca dapat memahami seperti apa cara belajar bahasa Inggris di YouTube sehingga anda dapat menggunakannya dalam conversation (percakapan) bahasa Inggris dengan baik dan benar sehingga kemampuan dasar bahasa inggris anda dapat meningkat pula. Tetap semangat untuk mempelajari bahasa inggris dan sampai jumpa pada kesempatan yang lain. may the joy be with you!

, ,