Sponsors Link

Cara Belajar Menulis Cerita dalam Bahasa Inggris Bagi Pemula

Sponsors Link

Hai guys, ada yang merasa takut menerima tantangan dari guru kalian untuk menulis  biodata dalam bahasa inggris atau tugas lainnya? Sebenarnya, tidak ada yang sulit ketika ingin mengetahui bagaimana cara menulis alamat indonesia dalam bahasa inggris atau materi lainnya.

Kalian harus paham bahwa menulis merupakan hal yang menantang sekaligus mengasyikkan. Tidak jarang dari hasil kegiatan menulis justru bisa mendapatkan reward (hadiah) berupa royalty.

Apa Saja Media untuk Menulis?

Menulis itu adalah proses menyalurkan ide atau sebuah gagasan yang ada di dalam pikiran kita dengan menggunakan media. Media yang digunakan juga ada banyak yaitu bisa buku tulis, memo hp, laptop atau diary (buku harian). Bahkan sebagian orang ada yang menjadikan menulis sebagai hobi mereka.

Banyak cara menyalurkan suatu ide diantaranya diskusi kelompok dan story telling. Sayangnya tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menulis dengan baik. Oleh karena itu, pentingnya belajar bahasa Inggris menurut para ahli terutama dalam hal menulis sangat perlu dipahami semua orang.

Siapa Saja yang Bisa Menulis?

Kegiatan menulis ini bukan hanya dilakukan oleh para pemula tetapi anak-anak juga bisa melakukannya. Siswa-siswi yang masih duduk di sekolah dasar juga sering mendapat tugas dari guru bahasa indonesia mereka untuk menulis cerita.

Menulis cerita dalam bahasa Indonesia mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan menulis cerita dalam bahasa Inggris? Tentu hal ini memiliki tantangan sendiri khususnya bagi para pemula. Contoh kalimat bahasa Inggris sehari-hari bisa menjadi materi awal yang dipelajari.

Saat ini media untuk mendapatkan informasi semakin mudah salah satunya anda bisa mendapatkannya melalui internet. Anda bisa mengaksesnya setiap saat dan tanpa batas. Hal tersebut memungkinkan proses belajar terjadi dengan mudah dan cepat.

Tenang anda tidak sendiri karena masih banyak waktu untuk terus belajar. Anda juga dituntut untuk giat mendisiplinkan diri dalam menulis menggunakan bahasa inggris.

Tahapan-tahapan Dalam Menulis

Untuk mendapat info yang lebih jelas ada 3 tahapan dalam menulis menggunakan bahasa Inggris, inilah langkah yang bisa dilakukan secara maksimal dan rutin.

  • Pertama, Motivation (niat)

Niat ini penting guys. Untuk memulai sesuatu ada baiknya meluruskan niat. Niat ini yang akan memotivasi anda untuk bersungguh-sungguh melewati proses belajar yang membutuhkan kedisiplinan.

Anda juga jangan terburu-buru untuk berspekulasi bahwa tahapan pertama ini sulit. Tidak. Tidak sama sekali. Tahap awal ini justru yang menentukan seberapa besar output yang akan anda rasakan saat anda memiliki niat yang baik dalam proses belajar.

Bahasa inggris itu sendiri merupakan bahasa asing. Banyak diantara kita yang terkadang minim kosakata dalam bahasa inggris. Akhirnya merasa tidak sanggup dan menyerah di tengah jalan. Saran penulis jika kalian memang memiliki tekad yang kuat untuk bisa maka mulai saat ini ciptakanlah niat yang kuat dalam diri untuk melakukan proses belajar ini sampai tuntas. 

  •  Kedua, Start to Write (mulai menulis)

Menulislah sebanyak-banyaknya jika perlu minimal selama 30 menit dalam satu hari. Cobalah menulis contoh tenses present perfect continuous tense. Menulis apa saja yang Anda pikirkan untuk menjadikan hal tersebut suatu kebiasaan.

Jika anda sudah mulai terbiasa artinya anda sudah memulai suatu tahapan yang krusial dalam memulai menulis. Jika anda menyukai kegiatan mendengarkan lagu.

Mulailah saat ini juga untuk mendengarkan lagu barat dan memulai untuk menulis kata-kata yang anda dengarkan. Selain menulis lirik yang ada pada lagu yang baru anda dengarkan. Cobalah untuk tulis terjemahannya juga agar anda dapat belajar grammar.

  •  Ketiga, Reading (membaca)

Buku anak yang menggunakan bahasa Inggris merupakan salah satu objek baca yang sangat menarik. Membaca ternyata salah satu bagian terpenting dalam mengasah kemampuan anda di bidang menulis.

Semakin banyak membaca anda memiliki lebih banyak ide-ide yang dapat dikembangkan. Dengan begitu menulis bukanlah proses yang susah. Menulis itu menyenangkan, mudah dan bisa menghasilkan jika anda dapat konsisten melakukannya dengan niat yang baik.

Tahapan-tahapan itu merupakan cara belajar tenses yang menyenangkan agar Anda dapat menulis dengan baik dalam menggunakan bahasa Inggris. Tidak ada sesuatu yang sulit di dunia ini. anda hanya butuh niat yang baik, kesungguhan, kediplinan dan banyak membaca buku-buku anak yang ditulis dalam bahasa Inggris.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips, Writing